4 Pola pengasuhan anak dan dampaknya

10.44


Dalam memberikan  kasih sayang kita kepada anak bukan berarti kita menuruti semua keinginan si anak.Dalam pola pengasuhan yang diterapkan akan berdampak terhadap si anak seperti kecerdasan,kreativitas dan prilaku si anak.

Berikut 4 pola pengasuhan anak dan dampaknya terhadap anak yang perlu anda ketahui,diantaranya:
1.Pola pengasuhan diktator yaitu dalam mengasuh anak si orang tua membatasi,tidak di dengar minat/pendapat anak,melarang dan suka menghukum.Pola pengasuhan ini akan membuat si anak menjadi kurang kreatif,kurang inisiatif dan kurang komunikasi.
2.Pola pengasuhan permisif yaitu serba boleh sehingga membuat si anak kurang bertanggung jawab dan si anak menjadi kuran kendali diri.
3.Pola pengasuhan tidak di perdulikan yaitu ditelantarkan sehingga menyebabkan kemampuan si anak menjadi rendah.
4.Pola pengasuhan demokratif yaitu si orang tua memberikan kasih sayang penuh, kegembiraan,kehangatan,rasa nyaman,aman,dilindungi,mendengarkan minat/pendapatnya,membimbing dan memberikan arahan kepada si anak tentang kebaikan,sehingga membuat si anak menjadi lebih percaya diri,kreatif dan mandiri.

Demikian dunia info dan tips berbagi info umum tentang 4 pola pengasuhan anak dan dampaknya terhadap anak.Semoga bermanfaat buat anda para orang tua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »