Manfaat pegagan untuk otak

16.10
Selamat sore sahabat Aik4Blogs.com salam jumpa kembali dengan saya.Kali ini saya akan berbagi info kesehatan tentang "Manfaat pegagan untuk otak".Sekedar berbagi informasi untuk anda semua saya hadir dan untuk menambah wawasan kita bersama.

Tanaman Pegagan di Asia selama ratusan tahun telah dikenal banyak orang sebagai obat tradisional.Pegagan sering digunakan sebagai nutrisi untuk otak dan menambah daya ingat.Zat aktif yang terkandung dalam pegagan diantaranya;Asiaticoside,Bacoside A,Bacoside B.Bacoside B adalah protein yang dapat meremajakan sel otak,menjernihkan pikiran,meningkatkan rasa percaya diri,meningkatkan kecerdasan dan juga daya ingat.Tau kah anda tanaman yang mempunyai manfaat utama meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak??Dalam materia medica cina tanaman pegagan ditetapkan sebagai bahan pembuat obat.Dalam farmakope di berbagai negara daun pegagan ditetapkan sebagai obat.Dalam pengobatan ayurveda tanaman pegagan dikenal untuk meremajakan sel otak dan sel saraf.

Berikut beberapa penelitian yang membuktikan manfaat pegagan untuk otak,diantaranya:
1.Mahanom Hussin peneliti dari fakultas ilmu pangan dan bioteknologi,Universitas putra Malaysia membuktikan bahwa ekstrak pegagan dapat menurunkan stres.
2.Mariana rahma sari dari sekolah ilmu dan teknologi hayati-ITB,melakukan penelitian terhadap kemampuan mengingat dan belajar tikus dewasa yang diberi ekstrak pegagan.Hasil penelitiannya membuktikan tikus yang diberi ekstrak pegagan mengalami jumlah penurunan kesalahan menuju sasaran dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi ekstrak pegagan.
3.Uji klinis di India membuktikan bahwa ekstrak pegagan dapat meningkatkan IQ,kemampuan mental dan menanggulangi lemah mental pada anak.

Berikut beberapa cara tradisional pengolahan pegagan,diantaranya:
+Pegagan dibuat jus
Jus 500-1500 gram pegagan segar,peras dan minum air perasannya.Cara ini biasanya digunakan untuk mengobati keracunan.
+Pegagan di rebus(digodog)
Siapkan 30-60 gram pegagan segar yang telah dicuci,rebuslah dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja.Selanjutnya diamkan sampai dingin dan setelah dingin minumlah semuanya.
+Pegagan diseduh
Siapkan 1/2 gram pegagan kering,seduhlah dengan air panas setelah dingin siap untuk diminum.
(sumber:herbalindonesia)

Demikian info kesehatan tentang manfaat pegagan untuk otak.Terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »