Hak dan kewajiban seorang anggota koperasi

21.57
Diposting sebelumnya saya pernah membahas tentang sejarah berdirinya koperasi.Kali ini Dunia info dan tips berbagi info pengetahuan mengenai hak dan kewajiban seorang anggota koperasi.Keanggotaan Organisasi Koperasi terdiri dari rapat anggota koperasi,pengurus koperasi dan pengawas.Kekuasaan tertingi dalam koperasi adalah rapat anggota.Anggota koperasi yaitu pemilik sekaligus pengguna dari jasa koperasi tersebut.Persyaratan untuk menjadi anggota koperasi ialah setiap orang/WNI,yang telah memenuhi syarat-syarat,yang ditetapkan dalam anggaran dasar koperasi dan yang memiliki kesamaan kepentingan dalam bidang ekonomi.Semua anggota koperasi dicatat dalam buku keanggotaan koperasi.Setiap anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama terhadap koperasi yang dibentuknya dan yang ditetapkan dalam anggaran dasar koperasi.

Berikut hak dan kewajiban seorang anggota koperasi,diantaranya sebagai berikut:
1.Hak seorang anggota koperasi diantaranya:
  • Seorang anggota koperasi mempunyai hak untuk menghadiri rapat anggota,memberikan suara dalam rapat anggota dan berhak berpendapat dalam rapat anggota koperasi.
  • Seorang anggota koperasi mempunyai hak untuk memilih dan dipilih untuk menjadi pengurus atau pengawas koperasi.
  • Seorang anggota koperasi mempunyai hak untuk memberikan saran/pendapat kepada pengurus/pengawas walaupun diluar rapat anggota.
  • Seorang anggota koperasi mempunyai hak untuk memanfaatkan koperasi dan memdapatkan pelayanan yang sama dengan anggota koperasi lainnya.
  • Seorang anggota koperasi mempunyai hak untuk mendapatkan keterangan tentang perkembangan koperasi menurut ketentuan dalam anggaran dasar koperasi.
2.Kewajiban seorang anggota koperasi diantaranya:
  • Seorang anggota koperasi mempunyai kewajiban untuk memenuhi anggaran dasar serta anggaran rumah tangga dan juga kesepakatan yang telah disepakati bersama.
  • Seorang anggota koperasi wajib ikut serta dalam kegiatan usaha yang diselenggarakan bersama.
  • Seorang anggota koperasi wajib memelihara dan mengembangkan kebersamaan atas asas kekeluargaan.
  • Seorang anggota koperasi wajib hadir pada saat rapat anggota dilaksanakan.
  • Seorang anggota koperasi wajib membayar iuran/simpanan pokok dan simpanan wajib.
Dari penjelasan diatas mengenai hak dan kewajiban seorang anggota koperasi,tapi sebaiknya antara hak dan kewajiban seorang anggota koperasi harus saling seimbang dalam menjalankannya.Hak dan kewajiban keanggotaan koperasi yang sesuai dengan peraturan dan atas kesepakatan bersama.

Demikianlah posting mengenai hak dan kewajiban seorang anggota koperasi ini saya buat.Semoga menambah pengetahuan anda.Terima kasih telah berkunjung di dunia info dan tips.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »