Jenis Batik Indonesia Berdasarkan Cara Membuatannya

16.51

Dunia info dan tips-Jenis Batik Indonesia Berdasarkan Cara Membuatannya.Anda pasti mengenal yang namanya batik.Anda pasti mempunyai salah satu jenis pakaian batik.Anda juga pasti mengetahui bahwa batik merupakan warisan dari leluhur indonesia.Sejarah dari batik indonesia dikenal sejak abad ke XVII,nenek moyang kita pada waktu itu umumnya membentuk pola atau motifnya berbentuk binatang dan tanaman.Mereka membentuk pola atau motif batik pada daun lontar.Banyak para ahli yang menyimpulkan bahwa sejarah dari perbatikan indonesia erat kaitannya dengan zaman kerajaan seperti pada masa zaman kerajaan majapahit dan zaman kerajaan selanjutnya.Perkembangan dari perbatikan di zaman kerajaan benyak dilakukan pada masa kerajaan mataram selanjutnya diteruskan pada masa zaman kerajaan solo dan yogyakarta.

Batik indonesia berdasarkan pembuatannya di bagi menjadi tiga jenis diantaranya batik tulis,batik cap dan batik print.Dari ketiga jenis batik tersebut apabila anda melihat sepintas akan terlihat sangat mirip sekali.Adapun yang membedakan dari ketiga jenis batik tersebut yaitu kualitas dan harganya.Mengapa kualitas dan harga batik indonesia berbeda?Hal ini dikarenakan dari proses pembuatannya.

Silahkan disimak perbedaan dari jenis-jenis batik indonesia berdasarkan cara pembuatannya.
  1. Batik tulis yaitu batik yang proses pengerjaannya sangat rumit,untuk menyelesaikan satu kain batik yang dijadikannya membutuhkan waktu kira-kira satu bulan,bahan lilin yang digunakannya untuk membuatnya merupakan lilin khusus.Maka batik yang dihasillkan dari batik tulis sangat berkualitas dan harga jualnya sangat mahal.
  2. Batik print yaitu batik yang harganya relatif murah,menggunakan berbagai jenis kain tapi biasanya kain yang digunakannya adalah kain mori,warna dari batik printing kebanyakan tidak tembus karena proses dari pewarnaannya hanya dari satu sisi.
  3. Batik cap yaitu batik yang bercorak besar-besar dan teratur,berwarna cerah dan terang,proses pengerjaannya cepat dan harganya ditentukan dari jenis kain yang digunakannya.

Demikianlah pembaca dunia info dan tips posting mengenai Jenis Batik Indonesia Berdasarkan Cara Membuatannya ini saya sampaikan kepada anda semua.Dan termasuk kedalam jenis batik mana yang anda miliki sekarang.Terima kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »