Sifat Yang Harus Di Miliki Seorang Wirausaha

03.09
Sifat Yang Harus Di Miliki Seorang Wirausaha

Dunia Info dan Tips-Sifat Yang Harus Di Miliki Seorang Wirausaha.Wirausaha (wiraswasta) yaitu orang yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain.Orang yang berwirausaha disebut sebagai pengusaha.Faktor penyebab seseorang menjadi wirausaha seperti:Keterbatasan lapangan pekerjaan yang ada membuat seseorang harus berusaha menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Seseorang wirausaha agar usaha yang dijalankannya dapat berhasil atau berjalan dengan lancar sebaiknya mempunyai beberapa sifat seperti dibawah ini:
  1. Memiliki motivasi kerja yang kokoh (kuat).
    Dengan memiliki motivasi yang kuat maka seorang wirausaha akan bekerja dengan sungguh-sungguh hingga usaha yang dijalankannya berhasil.Motivasi dapat datang dari diri sendiri maupun dari orang lain seperti dari keluarga,orang tua maupun teman.Adapun contoh dari motivasi seperti ingin memiliki rumah,ingin memiliki kendaraan bagus,ingin membahagiakan orang tua (keluarga) atau ingin menjadi orang kaya.Tanpa memiliki motivasi yang kokoh (kuat) maka seorang wirausaha akan bekerja apa adanya (malas-malasan),gampang mengeluh dan lainnya.
  2. Memiliki semangat kerja yang tinggi.
    Orang yang memiliki semangat kerja tinggi akan berusaha bekerja semaksimal mungkin agar usaha yang dijalankannya berhasil.Semangat kerja yang tinggi akan membuat seseorang menjadi rajin,tidak gampang putus asa,menjadikan sebuah kegagalan sebagai bahan pelajaran yang tidak akan di ulanginya lagi dan akan terus menambah semangatnya agar dapat lebih baik.
  3. Berani mengambil resiko.
    Setiap usaha pastinya memerlukan modal yang cukup lumayan dan setiap usaha pastinya mengandung resiko.Seperti resiko gagal menjalankan usahanya,resiko merugi dan lainya baik resiko kecil maupun besar.Tidak setiap orang berani dalam mengambil resiko dan hanya orang yang berani dalam mengambil resikolah yang akan menjadi seorang pengusaha sukses.
  4. Memiliki Jiwa disiplin yang tinggi.
    Disiplin merupakan taat kepada peraturan yang telah ditentukan.Orang yang memiliki jiwa disiplin tinggi akan selalu melakukan hal-hal seperti:
    -Selalu menepati janji;Orang yang memiliki sifat disiplin tinggi akan selalu menepati janji yang dibuatnya.Apabila ia memperkirakan tidak bisa menepati janjinya maka ia akan memberitahukan kepada pihak yang bersangkutan.
    -Selalu menepati waktu;Orang yang memiliki disiplin tinggi akan selalu berusaha menyelesaikan pekerjaannya sesuai waktu yang telah ditentukan.
  5. Memiliki sifat Jujur.
    Jujur yaitu berkata dan berbuat apa adanya tidak dibuat-buat.Orang yang jujur akan dapat mengembangkan usahanya hingga berhasil karena ia dapat di percaya orang lain (mitra bisnisnya).
  6. Memiliki kreativitas tinggi.
  7. Seorang wirausaha yang memiliki kreativitas tinggi akan selalu menciptakan/membuat produk baru yang membuat pelanggannya tidak bosan dengan barang yang dijualnya.

Berikut Beberapa contoh usaha yang tergolong kedalam wirausaha seperti:
  • Wirausaha catering,
  • Wirausaha perbengkelan,
  • Wirausaha Jahit,
  • Wirausaha makanan ringan (cemilan),
  • Wirausaha rumah makan,
  • Wirausaha seni ukir dan wirausaha lainnya.

Demikianlah posting saya hari ini yang membahas mengenai Sifat Yang Harus Di Miliki Seorang Wirausaha.Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »