Ketahuilah Pengertian Dari Diet

22.23
Ketahuilah Pengertian dari diet

Ketahuilah Pengertian Dari Diet-Sebenarnya apa itu diet??Mungkin selama ini anda hanya mengetahui pengertian diet adalah suatu cara untuk menurunkan berat badan.Namun,ada pengertian yang lebih sfesifik dari diet.Mari kita bahas bersama.

Pengertian dari diet,Dikutip dari Wikipedia "Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu.Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu.Walaupun manusia pada dasarnya adalah omnivora,suatu kelompok masyarakat biasanya memiliki preferensi atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan.Berbeda dalam penyebutan di beberapa negara, dalam bahasa Indonesia,kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu.

Menurut kamus kesehatan ada beberapa istilah dari diet diantaranya:
1.Diet defisit seimbang adalah diet yang di lakukan untuk mengurangi jumlah kalori harian,yang biasanya 500 atau 1000 kalori,sehingga dapat membuat penurunan berat sekitar 0,5 – 1 kg per minggu.
2.Lemak diet (dietary fat) adalah sumber energi yang paling terkonsentrasi dalam makanan, terdiri dari lemak jenuh,tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang masing-masing memberikan 9 kalori per gram lemak.
3.Serat diet (dietary fiber) adalah serat yang berasal dari dinding sel tebal tanaman.Zat ini adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna.Serat dibagi menjadi dua kategori umum: larut air dan tidak larut air.Serat larut air telah terbukti dapat menurunkan kolesterol. Namun, dalam banyak studi, tingkat pengurangan kolesterol cukup rendah. Untuk alasan yang tidak diketahui, diet tinggi serat larut telah terbukti berkorelasi lebih baik dengan perlindungan terhadap penyakit jantung dalam percobaan manusia. Serat larut juga dapat menurunkan tingkat gula darah, dan beberapa dokter percaya bahwa serat mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin pada penderita diabetes.Serat tidak larut bertindak sebagai pelunak tinja, yang mempercepat pencernaan melalui saluran usus. Untuk alasan ini, serat tidak larut adalah pengobatan yang efektif untuk sembelit. Pengurangan dalam waktu transit juga diduga berperan dalam hubungan antara diet tinggi serat dan penurunan risiko kanker usus besar

Ada beberapa manfaat dan tujuan apabila seseorang menjalankan program diet.Namun,ada baiknya sebelum melakukan program diet berkonsultasilah terlebih dahulu ke ahlinya.Agar diet yang akan anda jalankan seseuai dengan keinginan anda.Jangan sampai program diet yang anda lakukan malah memperburuk kesehatan anda.

Demikianlah ulasan saya mengenai pengertian dari diet.Semoga dapat menambah wawasan anda.Terima kasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »